menjalankan mIRC untuk pertama kalinya. (newbie)

July 1, 2007 at 6:18 am 2 comments

mIRC berjalan untuk pertama kalinya dan akan menampilkan Options menu. Option menu membutuhkan informasi tentang diri anda dan harus diisi. Pada saat pertama kali menjalankan mIRC, dialog ‘Connect’ amatlah penting. Hal ini adalah hal yang paling pertama kali ada pada list. Lupakan semua option yang membingungkan anda. Isilah line-line ini dengan mengisikan Full name, E-mail address, Nickname dan Alternate:

· Full Name: Nama asli anda (contoh, giezkaluvorsky)

· E-mail address: Alamat E-mail anda (contoh, giezkaluvorsky@yahoo.com)

Nickname: Satu hingga sembilan huruf untuk nama panggilan yang akan digunakan pada chat system (contoh, giezka)

· Alternate: Jika orang lain telah menggunakan nama yang anda pilih, anda akan dikenal dengan nama alternate ini

Anda dapat memilih IRC server jika anda mau, tetapi boleh saja anda menggunakan server yang standar yaitu Random US DALnet. Anda tidak *perlu* menggunakan nama asli anda dan alamat e-mail anda jika anda ingin tetap tidak dikenali. Oh iya, lihat checkbox kecil yang ada tulisan ‘Invisible mode’ ? saya menyarankan agar anda mengaktifkan itu karena hal ini merupakan ‘pelindung’ anda dari keadaan terlihat di pencarian Server-wide (pencarian secara luas pada server-server).

Sekarang semua telah diset, tekan pada tombol besar yang tulisannya ‘Connect to IRC server’ dan anda akan langsung masuk ke IRC. Selamat! dan yang paling asyik; anda tidak perlu mengutak-atik setting anda lagi🙂

Lalu apa yang terjadi?

Tenang saja dan lihatlah kekiri kekanan (bengong)… Banyak hal yang terjadi. mIRC (dengan berharap) membuat koneksi dengan salah satu DALnet IRC server. Server ini akan mengirimkan sedikit pesan kepada anda tentang status system pada status window, lalu Folder mIRC Channel akan muncul. Perhatikan baik-baik; folder channel ini menampilkan pilihan channel IRC yang terpopuler diseluruh dunia dan tentu saja channel-channel yang berbahasa Inggris. Tentu saja Anda boleh memilih salah satu dari channel tersebut! Anda dapat mengklik dua kali pada channel apa saja yang ada list.

Ketika anda bergabung (join) pada sebuah channel, sebuah window baru akan muncul pada layar monitor anda. Nama-nama yang ada dikolom sebelah kanan adalah orang-orang yang telah chatting (ngobrol) pada channel tersebut. Kolom sebelah kiri adalah tempat pembicaraan, segala yang anda tulis pada inputbox yang berada di bawah kedua kolom tersebut akan muncul disini. Cobalah untuk menyapa ‘Hi!’ kepada orang-orang yang pada channel tersebut, tulis saja kata tersebut pada kotak garis tunggal yang berada dibawah channel window… Bergembiralah dan ngobrol terus!

Untuk meninggalkan sebuah channel, tekan dua kali pada tombol close, yang berada pada pojok kiri atas dari channel window.

Hey, asyik sekali ini!

Memang!.. Seperti yang anda lihat, tidak terlalu sulitkan untuk bermain dalam IRC. Dan sekarang anda telah sejauh ini, disana masih banyak yang perlu di jelajahi! List channel yang pendek itu belum seluruhnya kompit!. Masih banyak ribuan channel yang ada pada jaringan IRC. Anda dapat mengetik/menulis perintah /list untuk melihat semua channel yang ada.

Hint: Pada menu perintah (commands menu) – diatas layar anda – semua perintah dasar mIRC dapat ditemukan. Hal ini sangat berguna jika anda tidak tahu apa yang anda lakukan.

Anda dapat melakukan koneksi ke jaringan-jaringan IRC yang lain dengan mudah. Seperti yang anda telah lihat, didalam menu File/Options/Connect anda dapat memilih jaringan-jaringan IRC yang lain dan server-server IRC yang lain. Tekanlah tombol besar ‘Connect to IRC server’ untuk membuka koneksi ke sebuah jaringan yang lain. Cobalah!

Jika anda ingin bertemu dengan beberapa teman di IRC, pastikanlah anda menggunakan jaringan IRC yang sama. Walaupun Anda tahu channel-nya tetapi anda tidak tahu jaringan yang mereka pakai, hal ini sama saja seperti anda mencari jalan utama tetapi tidak mengetahui kotanya.

Anda dapat memutuskan hubungan (disconnect) dari IRC dengan menakan tombol yang berada di atas sebelah kiri pada bar tombol. Tombol itu menunjukan tanda yang berbeda jika anda koneksi dan pada saat tidak terkoneksi. Sebelum memutuskan hubungan saya menyarankan agar anda mencoba tombol-tombol lainnya. Mungkin anda membutuhkannya nanti.

Lihat juga mIRC HELP menu. mIRC dilengkapi dengan dua file help yang penting; satu untuk mIRC, dan satu lagi untuk IRC secara umum. File yang terakhir -Intro IRC- Saya sebelumnya dan sangat sangat menyarankan agar anda membaca file tersebut hari ini atau besok. Intro IRC menerangkan hampir semua kejadian, anda pasti akan menemui suatu kejadian pada suatu saat dan hal ini akan menerangkan kebiasaan aneh dan tingkah yang lucu dari orang-orang yang ada pada IRC kepada anda!

Sukses, dan bersenang-senanglah di IRC!

Entry filed under: irc (chat). Tags: .

Meningkatkan kecepatan Internet Pada Win XP Download dari Megaupload tanpa megaupload Toolbar (Khusus Firefox)

2 Comments Add your own

  • 1. Didik  |  July 23, 2007 at 9:55 pm

    Didixs

    Reply
  • 2. olga r  |  September 4, 2008 at 12:58 pm

    dikoneksike irc kawanua

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


giez twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

arsip

identify

Feeds


%d bloggers like this: